Telkomsel merupakan perusahaan yang memiliki 4 merk kartu perdana yang dipasarkan di Indonesia, antara lain pascabayar (kartu Halo) dan prabayar (simPATI, kartu As, Loop). Perusahaan yang bergerak dalam pengoperasian sistem telekomunikasi Telepon Bergerak Seluler ini mempunyai sistem GSM (Global System for Mobile Communication).
Apabila Anda merupakan salah satu pengguna Telkomsel, pernahkah mengalami kejadian lupa nomor kartu Anda?
Jika pernah, Anda tidak perlu khawatir. Bagi kebanyakan orang, lupa nomor adalah hal yang normal terjadi. Ketika Anda lupa nomor, ada banyak cara untuk cek nomor Telkomsel yang Anda gunakan. Telkomsel memberikan layanan untuk cek nomor Telkomsel dengan mudah, berikut caranya.
1. Cek Nomor Telkomsel melalui Handphone
Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk cek nomor Telkomsel melalui panggilan. Langkahnya sebagai berikut:
- Tekan *808# di menu panggilan.
- Tekan tombol “Call/Panggil”.
- Anda akan mendapatkan notifikasi berupa informasi nomor Telkomsel Anda.
Bagi pelanggan prabayar dikenakan tarif sebesar Rp100/permintaan (termasuk PPN 10%). Sedangkan bagi pelanggan pascabayar dikenakan tarif sebesar Rp100/permintaan (belum termasuk PPN 10%). Tarif tersebut otomatis dipotong dari pulsa Anda saat menggunakan panggilan ke *808#.
2. Cek Nomor Telkomsel via Aplikasi MyTelkomsel
Selain melalui panggilan seperti cara diatas, Anda juga bisa menggunakan cara yang sangat mudah ini yaitu cek nomor Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel di perangkat iOS atau Android. Melalui cara ini, Anda tidak perlu repot membayar tiap kali melakukan cek nomor. Tahapannya sebagai berikut:
- Download aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store atau App Store jika belum ada.
- Lalu buka aplikasi yang sudah terpasang, kemudian login.
- Terdapat informasi dasar nama pengguna termasuk nomor Telkomsel pengguna pada tampilan “Home”.
Anda harus mendaftarkan nomor Anda jika Anda pengguna pertama aplikasi MyTelkomsel. Sehingga, jika Anda lupa, cek nomor Telkomsel terlebih dahulu melalui panggilan kemudian gunakan nomor itu untuk registrasi di aplikasi MyTelkomsel.
3. Cek Nomor Telkomsel Bisa dengan Menghubungi Operator
Cara ini tidak mudah dan cukup memakan banyak biaya dan waktu Anda. Tarif yang dikenakan yaitu sebesar Rp300 – Rp400 ketika Anda menghubungi operator per panggilan. Akan tetapi, Anda dapat bisa menggunakan cara ini jika cara-cara diatas tidak kunjung berhasil. Caranya sebagai berikut:
- Bagi pengguna kartu prabayar (simPATI, Kartu As, dan Loop), Anda dapat hubungi nomor call center 188.
- Bagi pengguna kartu pascabatar (kartu Halo), Anda dapat hubungi nomor call center 133.
- Bagi pengguna yang terkena roaming dan sedang berada di luar negeri, Anda dapat hubungi nomor +628110000333.
4. Cara Cek Nomor Telkomsel via Asisten Virtual
Veronika merupakan Asisten Virtual Telkomsel berbasis chat yang dapat membantu pelanggan Telkomsel. Anda dapat mengakses informasi produk serta layanan Telkomsel seperti pengecekan kuota, cek tagihan Telkomsel Halo, penukaran Telkomsel Poin, pencarian lokasi GraPARI, pembelian pulsa dan paket data, serta masih banyak lagi. Jika Anda lupa nomor, Anda juga bisa cek melalui Veronika.
Anda bisa akses Asisten Virtual Telkomsel Veronika melalui kanal-kanal aplikasi berikut:
- LINE: tsel.me/lineVA2
- Facebook Messenger: tsel.me/fbV2
- Telegram: tsel.me/telegramVA2
- Situs Web: www.telkomsel.com
- WhatsApp: tsel.me/wa2
- Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot
Bagaimana jika nomor telkomsel Anda rusak/hilang?
Apabila nomor Anda rusak atau hilang, segera kunjungi MyGrapari terdekat. MyGrapari adalah media pelayanan Walk In Telkomsel yang bersifat digital dan dapat diakses dengan mudah secara mandiri (self-service) oleh pelanggan GraPari (Pusat Layanan Telkomsel) ataupun area publik.
Berikut adalah cara menggunakan MyGraPari:
- Siapkan e-KTP, Kartu Keluarga (KK), dan 2 nomor ponsel yang Anda hubungi 1 bulan terakhir.
- Pilih menu “Pelanggan Telkomsel”
- Lalu pilih menu “SIMCARD Rusak/Hilang”
- Masukkan nomor yang Anda akan ganti.
- Masukkan nomor e-KTP dan KK milik Anda untuk validasi data pelanggan.
- Kemudian pelanggan telah mendapatkan kartu baru.
Kenapa nomor Telkomsel tidak bisa dihubungi?
Terdapat 4 (empat) alasan kenapa nomor Telkomsel Anda tidak bisa dihubungi.
- “Nomor yang Anda hubungi sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan”
Itu artinya telepon tidak dapat dilakukan sebab nomor yang Anda tuju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan.
- “Nomor yang Anda hubungi sedang sibuk”
Itu artinya telepon tidak dapat dilakukan sebab nomor yang Anda tuju sedang melakukan panggilan, mengaktifkan ‘call divert’ atau memblokir nomor Anda.
- “Nomor yang Anda hubungi tidak dapat dapat dihubungi
Itu artinya nomor tidak terdaftar, bisa juga Anda tidak teliti seperti kurang digit angka, atau nomor panggilan tetap dalam keadaan mati.
- “Anda sudah mencapai limit untuk melakukan telepon”
Apabila Anda pengguna pascabayar, pastikan terlebih dahulu limit Anda masih mencukupi untuk melakukan telepon dengan cek limit melalui UMB *111#. Jika Anda sudah mencapai limit, hubungi [email protected] untuk mengajukan peningkatan limit pemakaian.